Selamat Dataaaaaang

Selamat Dataaaaaaang

Selasa, 11 Oktober 2011

HUKUM NEGARA DAN WARGA NEGARA

Hukum
Definisi hukum menrut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah peraturan atau adat yang secara resmi dianggap mengikat, yang dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah..Menurut Dalito (dkk) hukum berfungsi untuk
1. Menjadi alat ketertiban dan keteraruran masyarakat
2. Menjadi sarana untuk mewujudkan keadilan social lahir batin
3. Menjadi lat penggerak pembangunankarena mempunya daya ikat dan memaksa sehingga dapat dipakai sebagai alat otoritas untuk mengarahkan masyarakat menjadi lebih baik
4. Menjadi alat kritik ,bukan hanya untuk mengawasi msyarakat juga mengawasi pemerintah ,penegak hukum ,dan aparatur pengawasan itu sendiri

A.Sumber ,Ciri-Ciri dan Sifat Hukum
Agar hukum itu dapat dikenal dengan baik, haruslah mengetahui ciri-ciri hukum. Menurut C.S.T. Kansil, S.H., ciri-ciri hukum adalah sebagai berikut:
1. Terdapat perintah dan larangan
2. Perintah dan atau larangan itu harus dipatuhi

Sumber Hukum dapat dilihat dari 2 sisi ,yaitu sisi material dan formal .Sumber hukum material adalah suatu keyakinan/ perasaan hukum individu dan pendapat umum yang menentukan isi hukum. Dengan demikian keyakinan/ perasaan hukum individu (selaku anggota masyarakat) dan juga pendapat umum yang merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan hukum.Sedangkan sumber hukum formal Formal, yaitu: bentuk atau kenyataan dimana kita dapat menemukan hukum yang berlaku. Jadi karena bentuknya itulah yang menyebabkan hukum berlaku umum, diketahui, dan ditaati .Adapun yang termasuk sumber hukum formal adalah :
1. Undang-undang
2. Kebiasaan atau hukum tertulis
3. Yurispredensi ; keputusan hakim terdahulu yang kemudian diikuti dan dijadikan pedoman oleh hakim-hakim lain dalam memutuskan suatu perkara yang sama.
4. Traktat ; perjanjian yang dilakukan oleh kedua negara atau lebih. Perjanjian yang dilakukan oleh 2 (dua) negara disebut Traktat Bilateral, sedangkan Perjanjian yang dilakukan oleh lebih dari 2 (dua) negara disebut Traktat Multilateral. Selain itujuga ada yang disebut sebagai Traktat Kolektif yaitu perjanjian antara beberapa negara dan kemudian terbuka bagi negara-negara lainnya untuk mengikatkan diri dalam perjanjian tersebut.
5. Doktrin ; pendapat para ahli atau sarjana hukum ternama/ terkemuka.

Dibawah ini adalah sifat-sifat hukum :
1. Mengatur, karena hukum memuat peraturan-peraturan berupa perintah dan/atau larangan yang mengatur tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat demi terciptanya ketertiban dalam masyarakat;
2. Memaksa, karena hukum dapat memaksa anggota masyarakat untuk mematuhinya. Apabila melanggar hukum akan menerima sanksi tegas.

B.Pembagian Hukum
1. Hukum Menurut Bentuknya
• Hukum tertulis, yaitu hukum yang dicantkan dalam berbagai peraturan perundang-undangan
• Hukum tidak tertulis, yaitu hukum yang masih hidup dalam keyakinan masyarakat, tetapi tidak tertulis namun berlakunya ditati seperti suatu peraturan perundang-undangan
2. Hukum Menurut Tempat Berlakunya
• Hukum nasional, yaitu huku yang berlaku di suatu Negara
• Hukum internasional, yaitu hukum yang mengatur hubungan dunia internasional
• Hukum asing, yaitu hukum yang diberlakukan di negara lain
3. Hukum Menurut Waktu Berlakunya
• IUS CONSTITUTUM (hukum positif) yaitu hukum yang berlaku sekarang bagi suatu masyarakat tertentu dalam wilayah tertentu
• IUS CONSTITUENDUM, yaitu hukum yang diharapkan berlaku pada masa yang akan datang
4. Hukum Menurut Isinya
• Hukum Privat, yaitu hukum yang mengatur hubungan hukum antara orang yang satu dengan orang yang lain, dengan menitik beratkan kepada kepentingan perorangan
• Hukum Publik, yaitu hukum yang mengatur hubungan antara Negara dengan alat perlengkapannya atau Negara dengan perorangan.
5. Hukum Menurut Cara Mempertahankannya
• Hukum Formil, yaitu hukum yang memuat peraturan yang mengatur bagaimana cara melaksanakan dan memepertahankan hukum materil
• Hukum Materil, yaitu hukum yang memuat peraturan yang mengatur kepentingan – kepentingan dan hubungan yang wujud perintah dan larangan – larangan


Negara
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Negara adalah Definisi negara dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat. Pengertian Negara lainnya yang didefinisikan dalam KBBI adalah kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya .Unsur sebuah negara adalah sebagai berikut;
1. Wilayah
2. Rakyat
3. Pemerintaahan yang memiliki kekuasaan / kedaulatan

A.Tugas Pokok Negara
1. Mengendalikan dan mengatur gejala-gejala kekuasaan yang asosial (saling bertentangan) agar tidak berkembang menjadi antagonisme yang berbahaya.
2. Mengorganisasi dan mengintegrasikan kegiatan manusia dan golongan-golongan ke arah tercapainya tujuan seluruh masyarakat.

B.Sifat-Sifat dan Bentuk Negara
Sifat-sifat Negara :
1. Sifat memaksa
2. Sifat Monopoli
3. Sifat Totalitas
Bentuk Negara
1. Negara Kesatuan ;
2. Negara Serikat

C.Tujuan Negara
Menurut pembukaan UUD 1945 tujuan Negara Indonesia adalah
1. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
2. untuk memajukan kesejahteraan umum,
3. mencerdaskan kehidupan bangsa,
4. melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,


Pemerintah
Pemerintah adalah salah satu unsur Negara yang penting .Bila tidak ada pemerintah tidak ada yang mengatur jalannya Negara .Atau pemerintah adalah Suatu badan persekumpulan yang memiliki kebijakan tersendiri untuk mengelola,memanage,serta mengatur jalannya suatu sistem pemerintahan.

Mendengar kata pemerintah dan pemerintahan sepertinya terdengar sama ,namun 2 hal itu berbeda .Perbedaannya adalah Pemerintah itu orang yg menjalankan ,sedangkan pemerintahan sistem yang dijalankan .Pemerintahan adalah urusan yang dilakukan pemerintah dalam sebuah Negara untuk mensejahterakan rakat dan menjalankan kepentingan umum yang bersifat kenegaraan .


Warga Negara
Warga Negara adalah orang-orang yang menjadi bagian dari suatu penduduk yang menjadi unsur negara. Istilah warga negara lebih sesuai dengan kedudukannya sebagaiorang merdeka dibandingkan dengan istilah hamba .Untuk menentukan siapa yang menjadi warga Negara terdapat 2 kriteria yaitu :
1. Kriterium kelahiran .Kriteria ini di bagi menjadi dua bagian lagi yaitu :
• Kriterium kelahiran menurut asas keibubapaan atau disebut “Ius Sanguinis” .Didalam asas ini seorang mendapatkan kewarganegaraannya berdasarkan kewarganegaraan orang tuanya
• Kriterium kelahiran menurut asas kelahirannya atau disebut “Ius Soli”.Didalam asas ini seornag mendapatkan kewarganegaraannya berdasarkan tempat ia lahir .
2. Naturalisasi .adlah suatu proses hukum yang menyebabkan seseorang dengan syarat-syarat tertentu mempunya kewarganegaraan lain .
Menurut pasal 26 UUD 1945 yg menjadi warga Negara yaitu
(1)Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.
(2)Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.
(3)Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undang-undang.
Menurut pasal 26 ayat (2) UUD 1945,
- Penduduk adalah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.
- Bukan Penduduk, adalah orang-orang asing yang tinggal dalam negara bersifat sementara sesuai dengan visa
Pasal yang mengatur tentang Hak Warga Negara :
1) Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak: “Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan” (pasal 27 ayat 2).
2) Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupan: “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya.” (pasal 28A).
3) Hak untuk membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah (pasal 28B ayat 1).
4) Hak atas kelangsungan hidup. “Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan Berkembang”
5) Hak untuk mengembangkan diri dan melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya dan berhak mendapat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan hidup manusia. (pasal 28C ayat 1)
6) Hak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya. (pasal 28C ayat 2).
7) Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum. (pasal 28D ayat 1).
8) Hak untuk mempunyai hak milik pribadi.
9) Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun. (pasal 28I ayat 1)
Pasal yang mengatur tentang Kewajiban Warga Negara :
1) Wajib menaati hukum dan pemerintahan. Pasal 27 ayat (1) UUD 1945 berbunyi: “segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya
2) Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Pasal 27 ayat (3) UUd 1945 menyatakan : “setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.
3) Wajib menghormati hak asasi manusia orang lain. Pasal 28J ayat 1 mengatakan: “Setiap orang wajib menghormati hak asai manusi orang lain.
4) Wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang. Pasal 28J ayat 2 menyatakan : “Dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan makasud semata-mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis.”
5) Wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. Pasal 30 ayat (1) UUD 1945 menyatakan: “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara.

Annisa.M / 1KA37 / 10111965

Sumber :: MKDU ISD (Gunadarma)
http://yogiatrisa.blogspot.com/2010/03/pasal-pasal-yang-mengatur-hak-dan.html

Senin, 10 Oktober 2011

Pemuda Dan Sosialisai

Pemuda
Pemuda adalah generasi muda yangmempunyai tanggung jawab untuk meneruskan dan mewujudkan harapan-harapan yang ada di pundaknya .Secara biologis adalah manusia yang telah menunujukan tanda-tanda kedewasaanya seperti adanya perubahan fisik dan psikologis .
Pemuda identik dengan sosok individu yang produktif dan mempunyai spesifikasi karakter yang khas .Kelemahan dari seorang pemuda sebagian besar dari kemampuannya mengontrol diri atau gampang emosional ,sedangkan kelebihan yang utama adalah siap menghadapi perubahan pada dirinya sendiri ,baik berupa perubahan social maupun cultural .
Dalam menghadapi perubahan pada dirinya pemuda cenderung mempunya bermacam-macam masalah ,dimana jika masalah tersebut tidak dapat diatasi secara menyeluruh maka pemuda akan kehilangan fungsinya sebagai generasi penerus .
Sosialisasi
Sosialisasi adalah proses penyusuaian diri bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan ,norma agar ia dapat berfungsi sebgai individu di keluarga ataupun masyarakat .Dibawah ini adalah factor-faktor dalam interaksi social :
1.Imitasi
2.Sugesti
3.Identifikasi
4.Simpati
5.Empati
6.Motivasi
Menurut George Herbert Mead bahwa sosialisasi yang dilalui seseorang dapat dibedakan mealui tahap-tahap berikut :
• Tahap persiapan (Preparatory Stage).
Tahap ini dialami sejak manusia dilahirkan, saat seorang anak mempersiapkan diri untuk mengenal dunia sosialnya, termasuk untuk memperoleh pemahaman tentang diri. Pada tahap ini juga anak-anak mulai melakukan kegiatan meniru meski tidak sempurna.
• Tahap meniru (Play Stage)
Tahap ini ditandai dengan semakin sempurnanya seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan oleh orang dewasa. Pada tahap ini mulai terbentuk kesadaran tentang nama diri dan siapa nama orang tuanya, kakaknya, dan sebagainya. Anak mulai menyadari tentang apa yang dilakukan seorang ibu dan apa yang diharapkan seorang ibu dari anak.
• Tahap siap bertindak (Game Stage)
Peniruan yang dilakukan sudah mulai berkurang dan digantikan oleh peran yang secara langsung dimainkan sendiri dengan penuh kesadaran. Dia mulai menyadari adanya tuntutan untuk membela keluarga dan bekerja sama dengan teman-temannya.
• Tahap penerimaan norma kolektif (Generalized Stage/Generalized other)
Pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas

Sumber :: http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/05/proses-sosialisasi-tahap-tahap-sosialisasi/

Tujuan Pokok Sosialisasi
1. Individu harus diberi keterampilan yang dibutuhkan untuk masa depannya
2. Individu harus mengembangkan kemampuan dan berkomunikasi secara efektif
3. Pengendalian fungsi-fungsi organik yang dipelajari melalui latihan-latihan mawas diri yang tepat
4. Bertingkah laku selaras dengan norma atau tata nilai dan kepercayaan pokok yang ada pada lembaga atau kelompok khususnya dan masyarakat umumnya.

Internalisasi belajar dan Sosial
Istilah internalisasi lebih ditekankan pada norma-norma individu yang menginternalisasikan norma-norma tersebut, atau proses norma-norma kemasyarakatan yang tidak berhenti sampai institusional saja, akan tetapi norma tersebut mendarah daging dalam jiwa anggota masyarakat. Norma tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu norma yang mengatur pribadi (mencakup norma kepercayaan dan kesusilaan) dan norma yang mengatur hubungan pribadi (mencakup kaidah kesopanan dan kaidah hukum)
Istilah belajar ditekankan pada perubahan tingkah laku, yang semula tidak dimiliki sekarang telah dimiliki oleh seorang individu, atau perubahan sikap dari tidak tahu menjadi tahu, dimana belajar dapat berlangsung di lingkungan maupun di lembaga pendidikan.
Istilah sosialisasi ditekankan pada hubungan yang mempengaruhi perubahan diri untuk menyesuaikan lingkungan .

Pemuda dan Identitas
A .Pola Dasar Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
Maksud dari pola pembinaan dan pengembangan generasi muda adalah agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakan sebagai pedoman sehingga pelaksanaanya dapat terarah, menyeluruh dan terpadu. Serta dapat mencapai sasaran dan tujuan yang dimaksud
Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan :
• Landasan idiil : Pancasila
• Landasan konstitusional : UUD 1945
• Landasan Strategis : Garis-garis besar haluan negara
• Landasan historis : Sumpah pemuda tahun 1928 dan Proklamasi kemerdekaan
• Landasan normatif : etika, tata nilai dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat

B.Pengertian Pokok Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
1.Generasi muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan adalah yang telah memiliki bekal dan kemampuan untuk mandiri secara fungsional sehingga bisa menyelesaikan masalah kehidupan berbangsa dan bernegara .
2. .Generasi muda sebagai subyek pembinaan dan pengembangan mereka yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan ke arah pertumbuhan potensi dan kemampuan-kemampuannya ke tingkat yang optimal dan belum dapat bersikap mandiri yang melibatkan secara fungsional.

Sumber :: http://furikurniati.webs.com/tugasisd3.htm

C.Masalah dan Potensi Generasi Muda
Permasalahan Generasi Muda :
1. Menurunnya Idealisme, patriotisme, dan nasionalisme di kalangan generasi muda
2. Kekurang pastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
3. Belum seimbangnya antar jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik formal maupun non formal.
4. Kurangnya Lapangan pekerjaan dan meningkat nya angka pengangguran ,mengakibatkan berkurangnya produktivitas nasional dan memperlambat lajunya perkembangan pembangunan nasional.
5. Kurangnya Gizi yang dapat menyebabkan hambatan bagi perkembangan kecerdasan dan pertumbuhan badan di kalangan generasi muda.
6. Banyaknya perkawinan di bawah umur, terutama di kalangan masyarakat pedesaan.
7. Meningkatnya kenakalan remaja termasuk penyalahgunaan narkotika

Potensi Generasi Muda :
1. Idealisme dan daya kritis
2. Dinamika dan kreatifitas
3. Keberanian mengambil resiko
4. Optimis dan kegairahan semangat
5. Sikap kemandirian dan disiplin murni
6. Terdidik
7. Keanekaragaman dalam kesatuan dan persatuan
8. Patriotisme dan Nasionalisme
9. Sikap Kesatria
10. Kemampuan Penguasaan Ilmu dan Teknologi

Perguruan dan Pendidikan
Dunia pendidikan terutama dunia kampus adalah suatu wadah untuk para generasi bangsa membangun citra diri .Didalam dunia kampus para mahasiswa dibekali pendidikan berupa pengetahuan yang khas dari suatu disiplin ilmu Ketika disiplin itu dijalankan mahasiswa mengembang tanggung jawab adapun tanggung jawab tersebut adlah tanggung jawab intelektual dan moral .
Tanggung jawab mahasiswa di dalam menempuh pendidikan tinggi di dalam menempuh pendidikannya membutuhkan waktu 4 thn atau 8 semester untuk menyelesaikan pendidikannya, selama mengikuti pendidikannya mahasiswa memperoleh 2 hal dalam mengembangkan tanggung jawab inteletual dan moral. Adapun skill yang diberikan adalah Hard Skills dan Soft Skils.
Banyak perguruan tinggi mengutamakan lulusannya hanya mementingkan lulusan dari IPK yang tertinggi dengan harapan dapat diterima di pekerjaan yang layak, akibtanya ketrapilan soft skills tidak diutamakan padahal di dalam dunia kerja tidak hanya diutamakan kemampuan akademik tetapi diutamakan juga bagaimana lulusan perguruan tinggi di dalam mengembangkan lulusannya harus dapat berinteraksi terhadap sesama rekan kerja (team Bulding), bagaiamana memimpin suatu departemen/kerja (Leadership), bagaiaman lulusan tersebut mampu mememecahkan suatu masalah di lingkungan kerja (problem solving), dapat berkomnuikasi di dunia kerja (communication skills), dll

Sumber :: http://www.dikti.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1914:dampak-soft-skills-di-dalam-pendidikan-perguruan-tinggi-dalam-menunjang-pengembangan-sdm-di-indonesia&catid=159:artikel-kontributor
MKDU ISD (Gunadarma)

Minggu, 09 Oktober 2011

Invidu ,Keluarga dan Masyarakat

Individu
Individu adalah seorang manusia yang memiliki spesifikasinya sendiri ,dalam lingkungan social individu adalah bagian terkecil dari pembentuk masyarakat . Individu yang saling bergabung akan membentuk kumpulan atau masyarakat .Individutersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan yang lain dimana tempat ia bergabung karena memliki satu tujuan .
Setiap individu pasti akan memerlukan waktu untuk membentuk karakteristik dirinya dan factor yang memperngaruhi adalah lingkungan terutama keluarga Bukan hanya dalam lingkup keluarga, tapi dalam lingkup masyarakat pun terdapat norma-norma yang harus di patuhi dan hal itu juga mempengaruhi pertumbuhan individu .
Pertumbuhan itu sendiri pun artinya adalah proses ,dan untuk individu ,pertumbuhan individu adalah proses perubahan dari sifat mula-mula ke sifat yang lebih social dengan cara diasosiasikan Ada beberapa factor yang mempengaruhi pertumbuhan individu ,yaitu :
1. Pendirian Nativisktik
Pertumbuhan individu semata-mata karena pembawaan dari lahir
2. Pendirian Empiristik dan Envinronmentalistik yaitu
Pertumbuhan individu semata-mata tergantung kepada lingkungan sedangkan dasar tidak berperanan sama sekali.
3. Pendirian Konvergensi dan Interaksionisme yaitu Interaksi antara dasar dan linkunagan dapat menentukan pertumbuhan individu.
4. Tahap pertumbuhan Individu berdasarkan Psikologi .Fase-fasenya adalah
a. Masa vital
b. Masa estetik
c. Masa intelektual
d. Masa social


Keluarga
Keluarga merupakan kumpulan dari individu yang mempunyai hubungan darah dan bersatu .Kumpulan individu inilah yang melahirkan individu dengan berbagai macam kepribadian .
Pengertian fungsi keluarga adalah pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan oleh atau dengan keluarga itu sendiri .Dan pekerjaan-pekerjaan itulah yang biasa disebut fungsi .Dan inilah macam-macam fungsi keluarga menurut H.Abu Ahmadi :
1. Fungsi Biologis
2. Fungsi Pemeliharaan
3. Fungsi Ekonomi
4. Fungsi Keagamaan
5. Fungsi Sosial
Mwnurut Dr.Soewaryo Wangsanegara fungsi keluarga meliputi beberapa hal sebagai berikut:
1. Pembentukan kepribadian .Hal ini sudah pasti dilakukan oleh para anggota kelurga karena waktu kita pasti sebagian besar dihabiskan bersama keluarga .
2. Alat reproduksi kepribadian .Hal ini berkaitan erat dengan point 1 ,karena anak pasti menuruni hal-hal yang ada pada orang tuanya .
3. Keluarga berfiungsi sebagai perkumpulan perekonomian.
4. Pusat pengasuhan dan pendidikan


Masyarakat
Masyarakat adalah sekumpulan manusia atau individu yang merupakan satu golongan yang mempunyai kepentingan juga tujuan sama .Masyarakat mempunyai adat-adat ,norma atau aturan sendiri yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya .Aturan dan adat itulah yang menjadi dasar dari kehidupan mereka sehingga mempunyai cirri-ciri kehidupan yang khas .
Masyarakat dibedakan menjadi dua golongan yaitu :
1. Masyrakat Sederhana .Dalam hal ini biasanya masayarakat sederhana (primitive) membagi pola pekerjaan menurut jenis kelamin .
2. Masyarakat Maju .Memiliki banyak kelompok organisasi yang berkembang berdasarkan tujuan tertentu .
Dalam lingkungan masyarakat maju terdapat dua golongan juga yaitu :
1. Masyarakat Industri Contoh tukang roti, tukang sepatu, tukang bubut, tukang las.
2. Masyarakat NonIndustri .Secara umum kelompok ini dpt digolongkan menjadi 2 golongan yaitu kelompok primer dan sekunder .Dalam kelompok primer ,interaksi sosialnya lebih intensif dan erat .Sedangkan kelompok sekunder kebalikan dari kelompok primer ,kurang kekeluargaan ,formal .


Urbanisasi
Perpindahan penduduk dari desa menuju kota misalnya untuk mencari pekerjaan .Hal ini menyebabkan tidak seimbangnya kepadatan penduduk di desa dan di kota
• Transmigrasi
Adalah lawan dari urbanisasi. Yaitu perpindahan orang-orang kota ke daerah yang masih jarang penghuninya. Hal ini bertujuan mengurangi kepadatan penduduk dalam suatu wilayah.
Migrasi Internasional juga memiliki beberapa macam yaitu :
• Imigrasi
masuknya penduduk dari suatu negara lain dengan tujuan menetap. Orang yang melakukan imigrasi disebut Imigran.
• Emigrasi
yaitu keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain. Orang yang melakukan emigrasi disebut Emigran
• Remigrasi
kembalinya imigran ke negara asalnya.
Adanya migrasi yang terjadi disebabkan karena beberapa factor pendorong dari daerah asalnya atau pun factor penarik dari daerah yang ditujukan para imigran .Adapun beberapa factor yang mempengaruhi sebagai berikut :
• Faktor Pendorong
1.menyimpatnya lapangan pekerjaan di daerah asal
2.adanya tekanan politik ,agama ,atau semacamnya sehingga menganggu hak asasi manusia di daerah tersebut
3.alasan pendidikan ,pekerjaan atau perkawinan
4.bencana alam
5.makin berkurangnya bahan baku untuk kehidupan di daerah asal .
• Faktor Penarik
1.adanya kesempatan untuk memperoleh nasib hidup yang lebih baik .Atau dengan kata lain mencari pekerjaan yang lebih baik .
2.adanya kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik.
3.keadaan hidup dan lingkungan yang lebih menyenangkan


Hubungan Individu Keluarga dan Masyarakat
Jadi Imdividu, keluarga dan Masyarakat adalah 3 hal yang saling berkaitan ,karena adanya kmasyarakat pasti tercipta dari lingkup keluarga dan tidak mungkin adanya keluarga tanpa adanya Individu yang saling berhubungan satu sama lain .


Annisa Muharami / 1KA37 /10111965

Sumber :: MKDU ISD (gunadarma) ,http://achmadsaugi.wordpress.com/2009/12/11/individu-keluarga-dan-masyarakat/

Sabtu, 08 Oktober 2011

TUGAS ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (BASIC)

SINTAX :

10 CLS
20 REM "Warnet Bersama"
30 Print "kel 6"
40 Input "Nama: ", nama$
50 Print
60 Print "kode 1 = personal "
70 Print "daftar paket :"
80 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 1)"
90 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 3)"
100 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 4)"
110 Print
120 Input "Masukkan kode jenis main: ", kode
130 Print
140 IF kode = 1 THEN
Input "Main berapa jam : ",jam
total = jam *3000
Print total
150 ELSEIF kode = 2 THEN
total = 5000
Print total
160 ELSEIF kode = 3 THEN
total = 7000
Print total
170 ELSEIF kode = 4 THEN
total = 9000
Print total
180 END IF
190 Print
200 IF (total >= 6000) AND (total < 10000) THEN Print nama$; " Dapat Bonus minum gratis" 210 ELSEIF (total >= 10000) AND (total < 20000) THEN Print nama$; " Dapat bomus main 1jam gratis" 220 ELSEIF total >= 20000 THEN
Print nama$; " Dapat bonus kaos warnet"
230 END IF
240 END


KASUS :

Judul nya WARNET BERSAMA
kasus :
1.jika jenis main yg dipilih adalah personal ,keluar inputan untuk jam mainnya
lalu ,jika jam main sudah diinput .di proses
2.jika bukan personal yang dipilih ,maka yang dipilih adalah paket ,
-jika paket 1 yang dipilih ,harganya 5000
-jika paket 2 yang dipilih ,harganya 7000
-jika paket 3 yang dipilih ,harganya 9000
3.jika harga sudah diketahui ,maka
-jika total >5000 dan <=10000 ,bonus minuman -jika total >10000 dan <=20000 ,bonus main gratis 1 jam -jika total >=20000 ,bonus kaos WARNET BERSAMA .

--selesai—-

FLOWCHART :


GAMBAR SINTAX :


OUTPUT :



Kelompok 6 1KA37 :
Annisa Muharami 10111965
Eben Ezer Simanjuntak 18111079
Lukman Hakim 19111391
Oetari Budhiyarti 15111428
Tikavianti Agnesriandini 17111116

TUGAS ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (BASIC)

SINTAX :

10 CLS
20 REM "Warnet Bersama"
30 Print "kel 6"
40 Input "Nama: ", nama$
50 Print
60 Print "kode 1 = personal "
70 Print "daftar paket :"
80 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 1)"
90 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 3)"
100 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 4)"
110 Print
120 Input "Masukkan kode jenis main: ", kode
130 Print
140 IF kode = 1 THEN
Input "Main berapa jam : ",jam
total = jam *3000
Print total
150 ELSEIF kode = 2 THEN
total = 5000
Print total
160 ELSEIF kode = 3 THEN
total = 7000
Print total
170 ELSEIF kode = 4 THEN
total = 9000
Print total
180 END IF
190 Print
200 IF (total >= 6000) AND (total < 10000) THEN Print nama$; " Dapat Bonus minum gratis" 210 ELSEIF (total >= 10000) AND (total < 20000) THEN Print nama$; " Dapat bomus main 1jam gratis" 220 ELSEIF total >= 20000 THEN
Print nama$; " Dapat bonus kaos warnet"
230 END IF
240 END


KASUS :

Judul nya WARNET BERSAMA
kasus :
1.jika jenis main yg dipilih adalah personal ,keluar inputan untuk jam mainnya
lalu ,jika jam main sudah diinput .di proses
2.jika bukan personal yang dipilih ,maka yang dipilih adalah paket ,
-jika paket 1 yang dipilih ,harganya 5000
-jika paket 2 yang dipilih ,harganya 7000
-jika paket 3 yang dipilih ,harganya 9000
3.jika harga sudah diketahui ,maka
-jika total >5000 dan <=10000 ,bonus minuman -jika total >10000 dan <=20000 ,bonus main gratis 1 jam -jika total >=20000 ,bonus kaos WARNET BERSAMA .

--selesai—-

FLOWCHART :


GAMBAR SINTAX :


OUTPUT :



Kelompok 6 1KA37 :
Annisa Muharami 10111965
Eben Ezer Simanjuntak 18111079
Lukman Hakim 19111391
Oetari Budhiyarti 15111428
Tikavianti Agnesriandini 17111116

TUGAS ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (BASIC)

SINTAX :

10 CLS
20 REM "Warnet Bersama"
30 Print "kel 6"
40 Input "Nama: ", nama$
50 Print
60 Print "kode 1 = personal "
70 Print "daftar paket :"
80 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 1)"
90 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 3)"
100 Print "paket 1 ,5000 2jam (kode 4)"
110 Print
120 Input "Masukkan kode jenis main: ", kode
130 Print
140 IF kode = 1 THEN
Input "Main berapa jam : ",jam
total = jam *3000
Print total
150 ELSEIF kode = 2 THEN
total = 5000
Print total
160 ELSEIF kode = 3 THEN
total = 7000
Print total
170 ELSEIF kode = 4 THEN
total = 9000
Print total
180 END IF
190 Print
200 IF (total >= 6000) AND (total < 10000) THEN Print nama$; " Dapat Bonus minum gratis" 210 ELSEIF (total >= 10000) AND (total < 20000) THEN Print nama$; " Dapat bomus main 1jam gratis" 220 ELSEIF total >= 20000 THEN
Print nama$; " Dapat bonus kaos warnet"
230 END IF
240 END


KASUS :

Judul nya WARNET BERSAMA
kasus :
1.jika jenis main yg dipilih adalah personal ,keluar inputan untuk jam mainnya
lalu ,jika jam main sudah diinput .di proses
2.jika bukan personal yang dipilih ,maka yang dipilih adalah paket ,
-jika paket 1 yang dipilih ,harganya 5000
-jika paket 2 yang dipilih ,harganya 7000
-jika paket 3 yang dipilih ,harganya 9000
3.jika harga sudah diketahui ,maka
-jika total >5000 dan <=10000 ,bonus minuman -jika total >10000 dan <=20000 ,bonus main gratis 1 jam -jika total >=20000 ,bonus kaos WARNET BERSAMA .

--selesai—-

FLOWCHART :


GAMBAR SINTAX :


OUTPUT :