Selamat Dataaaaaang

Selamat Dataaaaaaang

Kamis, 05 Januari 2012

RANGKUMAN ISD

BAB 1
ILMU SOSIAL DASAR

Ilmu social dasar berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat di Indonesia .Setiap masalah dan solusinya yang terjadi di masyarakat bisa di katakan sebagai perilaku dari ilmu social tersebut .Ini berarti ilmu social dapat dijadikan masyarakat untuk membuka wawasan mereka lebih luas ,dan lebih peka terhadap masalah dan perkembangan yang terjadi di sekitar mereka .

ISD tidak sama dengan IPS ,namun tetap saja ada persamaannya jika isd berkaitan dengan perilaku terhadap masyrakat ips berkaitan dengan cara pandang yang bersifa terpadu dari sejumlah pelajaran politik ,sosiologi ,dll .Karena alas an itulah ISD dan IPS mempunya kesamaan yaitu sama-sama berhubungan dengan masyarakat .

BAB 2
PENDUDUK ,MASYARAKAT ,KEBUDAYAAN

Penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati satu wilayah ,dan mempunyai sifat-sifat yang khas bagi dirinya sendiri .Masyarakat adalah penduduk yang saling bekerja sama sehingga menghasilkan kebudayaan .Kebudayaan adalah hal yang mencakup pengetahuan ,kepercayaan ,kesenian ,moral ,hukum ,adat dan kebiasaan yang dibangun dari pemikiran dan perilaku manusia sebagai mahkluk social

Jadi penduduk, masyarakat dan kebudayaan adalah 3 hal yang saling berkaitan ,karena adanya kebudayaan pasti tercipta dari lingkup satu masyarakat dan tidak mungkin adanya masyrakat tanpa adanya penduduk yang menempai satu wilayah dan saling berkerja sama .

Kependudukan di Indonesia telah mencapai 6.697.254.040.53 atau “Enam milyar enam ratus Sembilan puluh tujuh juta jiwa dua ratus lima puluh empat ribu empat puluh jiwa” pada tanggal 2 Oktober 2010 .Sehingga pemerintah mensiasati agar pemerataan penduduk di tiap daerah merata dengan cara transmigrasi .dibawah ini adalah macam-macam jenis perpindahan penduduk
• Urbanisasi
• Transmigrasi
• Imigrasi
• Emigrasi
• Remigrasi

Dampak yang terjadi akibat dari proses migrasi tersebut memiliki dampak positif dan dampak negative terhadap daerah asal maupun daerah tujuan .
Dampak positif dari proses migrasi adalah membantu memenuhi kekurangan tenaga ahli ,mempererat rasa persatuan bangsa ,membangun solidaritas antarsuku,mengetahui budaya dan adat yang ada dari tiap-tiap imigran.

Dampak negative dari migrasi yaitu menyebabkan tidak meratanya kepadatan penduduk ,semakin banyak pesaing dalam tujuan masing-masing ,masuknya budaya lain yang tidak sesuai dengan pribadi masing-masing ,berkurangnya tenaga terampil dan terdidik di desa, produktivitas pertanian di desa menurun, meningkatnya pengangguran di kota, meningkatnya tindak kriminalitas di kota, timbulnya pemukiman kumuh .

Disamping itu ,masyarakat Indonesia mempunyai kebudayaan yg diturunkan turun temurun oleh nenek moyang yang terdahulu .Namun karena Indonesia adalah jajahan Negara barat ,jadi kebudayaan asing pun masuk kedalam budaya Indonesia . Dan sampai sekarang kebudayaan asing itu semakin melekat dalam bangsa Indonesia ,seiring adanya globalisasi yang masuk ke Indonesia . Dengan ini kebudayaan Indonesia semakin tenggelam dalam bangsanya sendiri karena budaya asing lebih menarik dan modern dari pada budaya negri sendiri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar