Selamat Dataaaaaang

Selamat Dataaaaaaang

Minggu, 09 Oktober 2011

Invidu ,Keluarga dan Masyarakat

Individu
Individu adalah seorang manusia yang memiliki spesifikasinya sendiri ,dalam lingkungan social individu adalah bagian terkecil dari pembentuk masyarakat . Individu yang saling bergabung akan membentuk kumpulan atau masyarakat .Individutersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan yang lain dimana tempat ia bergabung karena memliki satu tujuan .
Setiap individu pasti akan memerlukan waktu untuk membentuk karakteristik dirinya dan factor yang memperngaruhi adalah lingkungan terutama keluarga Bukan hanya dalam lingkup keluarga, tapi dalam lingkup masyarakat pun terdapat norma-norma yang harus di patuhi dan hal itu juga mempengaruhi pertumbuhan individu .
Pertumbuhan itu sendiri pun artinya adalah proses ,dan untuk individu ,pertumbuhan individu adalah proses perubahan dari sifat mula-mula ke sifat yang lebih social dengan cara diasosiasikan Ada beberapa factor yang mempengaruhi pertumbuhan individu ,yaitu :
1. Pendirian Nativisktik
Pertumbuhan individu semata-mata karena pembawaan dari lahir
2. Pendirian Empiristik dan Envinronmentalistik yaitu
Pertumbuhan individu semata-mata tergantung kepada lingkungan sedangkan dasar tidak berperanan sama sekali.
3. Pendirian Konvergensi dan Interaksionisme yaitu Interaksi antara dasar dan linkunagan dapat menentukan pertumbuhan individu.
4. Tahap pertumbuhan Individu berdasarkan Psikologi .Fase-fasenya adalah
a. Masa vital
b. Masa estetik
c. Masa intelektual
d. Masa social


Keluarga
Keluarga merupakan kumpulan dari individu yang mempunyai hubungan darah dan bersatu .Kumpulan individu inilah yang melahirkan individu dengan berbagai macam kepribadian .
Pengertian fungsi keluarga adalah pekerjaan atau tugas yang harus dilakukan oleh atau dengan keluarga itu sendiri .Dan pekerjaan-pekerjaan itulah yang biasa disebut fungsi .Dan inilah macam-macam fungsi keluarga menurut H.Abu Ahmadi :
1. Fungsi Biologis
2. Fungsi Pemeliharaan
3. Fungsi Ekonomi
4. Fungsi Keagamaan
5. Fungsi Sosial
Mwnurut Dr.Soewaryo Wangsanegara fungsi keluarga meliputi beberapa hal sebagai berikut:
1. Pembentukan kepribadian .Hal ini sudah pasti dilakukan oleh para anggota kelurga karena waktu kita pasti sebagian besar dihabiskan bersama keluarga .
2. Alat reproduksi kepribadian .Hal ini berkaitan erat dengan point 1 ,karena anak pasti menuruni hal-hal yang ada pada orang tuanya .
3. Keluarga berfiungsi sebagai perkumpulan perekonomian.
4. Pusat pengasuhan dan pendidikan


Masyarakat
Masyarakat adalah sekumpulan manusia atau individu yang merupakan satu golongan yang mempunyai kepentingan juga tujuan sama .Masyarakat mempunyai adat-adat ,norma atau aturan sendiri yang sama-sama ditaati dalam lingkungannya .Aturan dan adat itulah yang menjadi dasar dari kehidupan mereka sehingga mempunyai cirri-ciri kehidupan yang khas .
Masyarakat dibedakan menjadi dua golongan yaitu :
1. Masyrakat Sederhana .Dalam hal ini biasanya masayarakat sederhana (primitive) membagi pola pekerjaan menurut jenis kelamin .
2. Masyarakat Maju .Memiliki banyak kelompok organisasi yang berkembang berdasarkan tujuan tertentu .
Dalam lingkungan masyarakat maju terdapat dua golongan juga yaitu :
1. Masyarakat Industri Contoh tukang roti, tukang sepatu, tukang bubut, tukang las.
2. Masyarakat NonIndustri .Secara umum kelompok ini dpt digolongkan menjadi 2 golongan yaitu kelompok primer dan sekunder .Dalam kelompok primer ,interaksi sosialnya lebih intensif dan erat .Sedangkan kelompok sekunder kebalikan dari kelompok primer ,kurang kekeluargaan ,formal .


Urbanisasi
Perpindahan penduduk dari desa menuju kota misalnya untuk mencari pekerjaan .Hal ini menyebabkan tidak seimbangnya kepadatan penduduk di desa dan di kota
• Transmigrasi
Adalah lawan dari urbanisasi. Yaitu perpindahan orang-orang kota ke daerah yang masih jarang penghuninya. Hal ini bertujuan mengurangi kepadatan penduduk dalam suatu wilayah.
Migrasi Internasional juga memiliki beberapa macam yaitu :
• Imigrasi
masuknya penduduk dari suatu negara lain dengan tujuan menetap. Orang yang melakukan imigrasi disebut Imigran.
• Emigrasi
yaitu keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain. Orang yang melakukan emigrasi disebut Emigran
• Remigrasi
kembalinya imigran ke negara asalnya.
Adanya migrasi yang terjadi disebabkan karena beberapa factor pendorong dari daerah asalnya atau pun factor penarik dari daerah yang ditujukan para imigran .Adapun beberapa factor yang mempengaruhi sebagai berikut :
• Faktor Pendorong
1.menyimpatnya lapangan pekerjaan di daerah asal
2.adanya tekanan politik ,agama ,atau semacamnya sehingga menganggu hak asasi manusia di daerah tersebut
3.alasan pendidikan ,pekerjaan atau perkawinan
4.bencana alam
5.makin berkurangnya bahan baku untuk kehidupan di daerah asal .
• Faktor Penarik
1.adanya kesempatan untuk memperoleh nasib hidup yang lebih baik .Atau dengan kata lain mencari pekerjaan yang lebih baik .
2.adanya kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang lebih baik.
3.keadaan hidup dan lingkungan yang lebih menyenangkan


Hubungan Individu Keluarga dan Masyarakat
Jadi Imdividu, keluarga dan Masyarakat adalah 3 hal yang saling berkaitan ,karena adanya kmasyarakat pasti tercipta dari lingkup keluarga dan tidak mungkin adanya keluarga tanpa adanya Individu yang saling berhubungan satu sama lain .


Annisa Muharami / 1KA37 /10111965

Sumber :: MKDU ISD (gunadarma) ,http://achmadsaugi.wordpress.com/2009/12/11/individu-keluarga-dan-masyarakat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar