Selamat Dataaaaaang

Selamat Dataaaaaaang

Kamis, 01 November 2012

MACAM ORGANISASI DARI SEGI JUMLAH PUCUK PIMPINAN


ORGANISASI TUNGGAL
            Dinamakan organisasi tunggal apabila pucuk pimpinan organisasi itu ada ditangan datu orang. Nama pimpinan yang dipergunakan tergantung dari jenis kegiatan organisasi. Seperti misalnya Presiden, Gubernur, Bupati, Kepala Sekolah, dll.
            Karena pucuk pimpinan hanya ada ditangan satu orang, segala ketentuan, kebijaksanaan dan keputusan ada ditangan pimpinan. Hal ini mengakibatkan keputusan dapat diambil dengan cepat, tanpa haris melalui prosedur(musyawarah). Akan tetapi suatu keputusan yang diambil secara perseorangan belum tentu tepat, karena mungkin kirang input sebagai bahan pertimbangan. Dan karena hanya berada dalam satu tangan pemimpin mengakibatkan timbulnya kepemimpinan yang bersifat otoriter/diktatur.

ORGANISASI JAMAK
            Dinamakan organisasi jamak apabila pucuk pimpinan organisasi tersebut ada ditangan beberapa orang. Beberapa orang pimpinan tersebut merupakan suatu kesatuan. Nama dari kesatuan pimpinan itu ada bermacam-macam, tergantung dari jenis kegiatan atau fungsi organisasi atau lembaga tersebut.
            Karena pucuk kepimpinan ada ditangan beberapa orang, maka segala ketentuan, kebijaksannaan dan keputusan ditentukan secara bersama malalui media rapat, sehingga hasil keputusan relatif ;ebih baik dibanding keputusan yang diambil perseorangan.
            Tetapi karena segala sesuatunya diambil berdasarkan musyawarah untuk mufakat melalui rapat, maka keputusan tidak dapat diambil dengan cepta. Jalannya rapat kadang-kadang tidak cukup dirapatkan sati kali tetapi berulang-ulang. Karena keputusan selalu lamban, tidak jaranag keputusan yang telah  ditetapkan tidak dapat dilaksanakan karena sudah kadaluawarsa.

annisa.muharami/10111965/2ka30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar